Minggu, 05 April 2020

Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)


Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Saat ini telah banyak produk asuransi kesehatan keluarga yang menanggung berbagai penyakit,Namun tidak ada salahnya jika Anda juga tetap menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit yang dapat mengancam nyawa,seperti hipertensi.

Hipertensi atau yang lebih dikenal dengan tekanan darah tinggi merupakan kondisi tekanan darah yang lebih tinggi dari normal. Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini  bisa sangat berbahaya dan bahkan menyebabkan kematian. Berikut adalah cara agar kita semua terhindar dari hipertensi :

Mengatur Pola Makan

Pola makan merupakan hal yang utama untuk mencegah hipertensi. Untuk menghindari terjadinya tekanan darah tinggi, Anda perlu membatasi konsumsi makanan yang banyak mengandung garam dan mengurangi jumlah garam yang digunakan dalam masakan.

Selain garam, Anda juga harus membatasi makanan yang berlemak dan goreng-gorengan, misalnya dengan menghindari konsumsi santan karena akan meningkatkan kandungan lemak dan kolesterol, serta penggunaan minyak goreng maksimal 2 kali pakai saja. 

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalium karena kalium sangat afektif untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal. Anda bisa mendapatkan kalium dari alpukat, ikan, pisang, ikan tuna dan salmon, serta lain sebagainya. Selain itu, Anda juga harus banyak makan makanan yang berserat dan rendah lemak seperti sayur dan buah.

Olahraga Secara Rutin

Olahraga secara teratur tidak perlu yang berat, asal teratur dan rutin, bisa dengan lari-lari kecil atau berjalan-jalan tiap pagi atau sore. Olahraga dapat memperkuat fungsi jantung sehingga akan memompa darah lebih mudah.

Jaga Berat Badan Ideal

Kebanyakan penderita hipertensi ini berawal dari berat badan yang berlebih hingga obesitas. Hal ini dikarenakan banyak jaringan lemak di tubuhnya, sehingga resistensi pembuluh darah bisa meningkat dan menyebabkan kerja jantung semakin berat. Kondisi inilah yang akhirnyamenyebabkan tekanan darah menjadi lebih tinggi.

Mengurangi atau Menghentikan Konsumsi Alkohol dan Rokok

Konsumsi alkohol secara aktif dapat menyebabkan tekanan darah meningkat serta memperbesar risiko komplikasi lebih lanjut.. Begitu juga dengan rokok, kandungan nikotin dalam rokok ketika masuk ke dalam tubuh, akan memberi sinyal pada otak untuk melepaskan hormon adrenalin. Hormon ini membuat diameter pembuluh darah mengecil sehingga berisiko terjadinya peningkatan tekanan darah.

Kelola Stres

Stres merupakan salah satu hal yang paling banyak menimbulkan permasalahan dalam tubuh manusia. Gangguan psikologis yang satu ini juga dapat menyebabkan tekanan darah menjadi lebih kuat. Untuk menghindari stres, Anda dapat melakukan hobi dan hal menyenangkan lainnya.

Cek Tekanan Darah Secara Berkala

Mengecek tekanan darah secara berkala dapat membantu mencegah terjadinya hipertensi. Hal ini dapat membantuAnda memonitor kondis tensi Anda sehingga Anda bisa melakukan berbagai tindakan preventif jika terjadi kenaikan. Normalnya tekanan darah manusia adalah 120-139/80-89 mmHg.

Itulah beberapa cara untuk mencegah darah tinggi, semoga dapat membantu Anda.


0 komentar:

Posting Komentar