Rabu, 23 Oktober 2019

Berbagai Manfaat Les Gambar Bagi Tumbuh Kembang Anak


Berbagai Manfaat Les Gambar Bagi Tumbuh Kembang Anak

Menggambar merupakan kegiatan yang disukai hampir oleh semua anak. Namun, minat menggambar ini kurang dioptimalkan oleh orang tua yang cenderung lebih fokus pada kegiatan membaca dan berhitung. Padahal, jika difasilitasi melalui les gambar, potensi tersebut memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak, antara lain sebagai berikut.

Mengembangkan Minat dan Bakat Anak

Minat dan bakat tidak dapat berkembang dengan sendiri, Anda sebagai orang tua perlu membantu  menggali hal tersebut dan mengembangkannya. Mengikuti les dapat mambantu anak meningkatkan minat dan bakat anak sejak dini, sehingga si kecil lebih banyak mengetahui tentang variasi kemampuan dan kegiatan.

Les bakat seperti menggambar juga dapat mengasah dan mengoptimalkan kemampuan anak melalui berbagai kegiatan yang dilakukan. Dalam hal ini, menggambar dapat membantu perkembangan kognitif, psikologis dan fisik, utama kemampuan motorik anak, yang tentu akan sangat baik dalam menunjang tumbuh kembang buah hati Anda.

Membantu Membangun Konsentrasi

Ketika menggambar anak akan fokus pada hal-hal detil pada saat menggambar. Jika dilakukan terus-menerus, hal ini akan membaut fokus anak terlatih dalam berbagai kegiatan. Manfaat ini tentu tidak hanya berguna untuk menggambar, tapi juga dalam hal lain yang membutuhkan fokus tinggi, misalnya menulis atau menerima pelajaran di sekolah.

Selain itu, menggambar juga memerlukan keteliatan dan kesabaran. Misalnya saja ketika menggambar animasi 3D yang mengharuskan anak membuat frame demi frame untuk menghasilkan sebuah animasi, yang membutuhkan kesabaran dan ketelitian ekstra.

Melatih Motorik Halus

Ketika menggambar gerakan tangan, pergelangan tangan dan jari secara konsisten dapat membantu melatih motorik halus anak. Kemampuan motorik sangat penting dalam mendukung berbagai kegiatan ketika dewasa sepeti mengetik, mengemudi dan menulis.
Meningkatkan Percaya Diri

Mengikuti les anak juga bisa meningkatkan percaya diri. Berbeda dengan sekolah umum yang memiliki kelas kecil dengan suasana yang kaku, suasana di tempat les lebih santai sehingga umumnya anak bisa lebih nyaman untuk bertanya dan mencoba hal-hal baru.

Selain itu, ketika les, anak juga akan bertemu dengan teman-teman baru. Sehingga anak akan belajar cara bersosialisasi dengan berbagai orang, yang mungkin memiliki minat yang sama namun dengan latar belakang yang berbeda. Hal tersebut akan membaut anak lebih percaya diri dan akan terbawa dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan rumah maupun di sekolah.

Sebagai Bekal di Masa Mendatang

Sama halnya degan sekolah, les gambar juga dapat menjadi bekal bagi anak di masa depan. Terlebih jika les anak yang diikuti memiliki prospek masa depan yang bagus, seperti les menggambar 3D, animasi 3D, Visual Efek, atau game design.

Percaya atau tidak, kemampuan mengolah gambar 3D memiliki prospek yang baik di masa depan. Hal tersebut bisa terlihat dari perkembangan film, animasi dan game yang berkembang sangat pesat. Jadi, kemungkinan di masa mendatang kebutuhan akan kemampuan tersebut juga akan meningkat, berbanding lurus dengan kebutuhan pasar.

Membangun Portofolio Anak

Ketika mengikuti les bakat biasanya akan diarahkan untuk mengikuti  berbagai kompetisi, baik lokal maupun internasional. Hal ini dapat bermanfaat dalam membangun portofolio anak di masa mendatang. Selain itu, mengikuti berbagai kompetisi juga dapat membangun daya saing serta sportifitas anak, yang akan sangat berguna di masa mendatang.

Demikian berbapa manfaat les gambar dalam mendukung tumbuh kembangnya. Berbagai manfaat tersebut bisa Anda dapatkan di Enspire School of Digital Art (ESDA), tempat les gambar 3D dengan tenaga pengajar profesional dan metode belajar yang menyenangkan. Pilihan minatnya pun beragam, mulai dari visual efek, animasi 3D higga game desain.

0 komentar:

Posting Komentar