Jumat, 17 Mei 2019

Ciri-Ciri Beras Bagus dan Sehat untuk Dikonsumsi

Ciri-Ciri Beras Bagus dan Sehat untuk Dikonsumsi

Beras menjadi bahan makanan pokok yang tidak dapat di pisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia pada umumnya. Meskipun pada bagian timur dari negara ini masih belum banyak masyarakatnya yang mengkonsumsi makanan pokok yang satu ini. Hal ini di karena kan lokasi yang tidak memungkinkan untuk di tanam, serta belum tersebar transportasi untuk suplai ke daerah tersebut. Tetapi dalam pembahasan ini akan membahas mengenai ciri-ciri jenis bahan makanan ini akan anda dapat menentukan pilihan terbaik seperti berikut ini.

Ciri-ciri beras bagus dan sehat untuk dikonsumsi

1. Aroma

Untuk menentukan beras yang nantinya akan anda konsumsi yang pertama kali adalah dengan mencium aroma dari bahan makanan tersebut. Karena pada bahan makanan yang satu ini jika telah di tumpuk atau kondisinya telah lama atau rusak. Akan dapat kita kenali dengan cara aromanya yang mulai apek, dalam kondisi ini tentunya sudah tidak layak konsumsi. Ketika sudah terlanjur di konsumsi akan mengakibatkan sesuatu yang merugikan bagi tubuh yang mengkonsumsi nya.

2. Ukuran

Hal berikutnya yang harus anda perhatikan dalam memilih beras adalah dengan melihat ukuran dari biji padi itu sendiri. Yaitu pada biji padi yang baik umumnya memiliki ukuran 25% lebih biji padi dari pada biji pada umumnya. Ukuran ini menjadi salah satu indikator untuk menentukan bahwa jenis padi yang di tanam untuk menghasilkan hasil yang baik. Merupakan jenis padi yang berkualitas karena hal ini telah terlihat dari hasil panen yang lebih besar dan lebih baik dari biji pada umumnya.

3. Bersih

Faktor untuk menentukan beras yang baik berikutnya adalah kondisinya yang bersih dan putih. Akan tetapi bukan putih mengkilat namun terbebas dari beberapa kotoran misalkan kerikil, kulit yang menutupi biji padi itu sendiri, serta beberapa kotoran lain. Jika biji padi ini telah terbebas dalam hal tersebut menandakan bahwa proses produksi dan pengemasan nya. Cukup bersih dan baik untuk anda sebagai konsumen yang nantinya akan mengkonsumsi bahan makanan ini.

4. Butir mengapur

Berikutnya dalam menentukan beras yang akan anda pilih merupakan jenis yang baik dan layak untuk anda konsumsi adalah butiran yang mengapur. Butiran yang mengapur ini bukan berarti biji tersebut tidak layak konsumsi melainkan faktor kimia yang membuatnya biji tersebut mengapur. Akan tetapi untuk menentukan biji tersebut mengapur atau rusak sebaiknya periksa lebih lanjut. Karena ada faktor lain yang menyebabkan hal tersebut yaitu biji telah mengalami kerusakan.

Sehingga menimbulkan bubuk halus seperti tepung yang menandakan biji tersebut telah hancur. Jika anda melihat biji telah banyak yang hancur maka jangan di beli, karena bahan makanan tersebut sudah tidak layak konsumsi.

5. Warna

Untuk biji padi terbaik yang bisa anda pilih untuk anda konsumsi sebaiknya warnanya tidak terlalu putih. Karena warna asli dari biji padi yang sebarnya bukan putih melainkan sedikit abu-abu warna putih yang terlihat. Di karena kan bubuk putih yang menyelimuti kulit biji padi tersebut. Jika anda cuci sebelum di masak maka akan tampak air rendaman yang putih, karena bubuk putih yang menyelimuti biji padi tersebut telah terangkat.

Itulah beberapa cara dalam menentukan beras yang baik untuk anda konsumsi nantinya. Sedikit informasi pada waktu membersihkan bahan makanan yang satu ini sebelum di masak. Untuk tidak mencuci nya terlalu bersih karena warna putih hasil dari pencucian biji padi tersebut memiliki manfaat kesehatan. Yaitu memiliki manfaat untuk mencegah leukimia saat anda konsumsi, semoga beberapa tips yang di berikan bermanfaat untuk anda.

1 komentar: