Kamis, 02 Mei 2019

6 Manfaat Jika Kamu Rajin Bersepeda


Bersepeda adalah aktivitas yang menyenangkan. Para pecinta aktivitas bersepeda ini biasanya tergabung dalam sebuah komunitas. Tidak hanya bikin jersey sepeda yang sama, mereka juga bikin ikatan pertemanan yang erat, mengadakan pertemuan rutin, sampai sudah dirasa seperti saudara sendiri.

Banyak manfaat dari bersepeda. Sepeda tidak hanya digunakan sebagai alat transportasi namun juga sebagai sarana berolahraga. Selain manfaat kesenangan, manfaat yang kamu dapatkan dari bersepeda adalah tubuh yang sehat.

Menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sangat baik untuk mengurangi polusi yang ada. Sepeda adalah alat transportasi yang ramah lingkungan. Juga, sepeda adalah alat transportasi yang bisa menyehatkan badan.

Manfaat Bersepeda

Kalau kamu suka bersepeda, kamu akan mendapatkan manfaat-manfaat berikut ini.

1.    Menurunkan berat badan

Sedang ingin diet tapi bingung pilih olahraga yang tepat sekaligus menyenangkan? Coba saja olahraga bersepeda. Kamu bisa berolahraga sekaligus jalan-jalan dan menikmati pemandangan yang ada.

Untuk mendapatkan manfaat menurunkan berat badan, kamu perlu mengimbangi olahraga bersepeda dengan mengatur pola makan. Kalau perlu, kamu bisa masuk komunitas. Ketika kamu masuk ke dalam komunitas para pecinta sepeda, kamu akan bertemu orang-orang baru hingga bikin jersey sepeda bersama-sama. Hal ini tentunya akan semakin membuat kamu rajin bersepeda dan tujuan kamu menurunkan berat badan pun tercapai.

2. Menurunkan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Bersepeda secara rutin mampu memperbaiki organ-organ vital di dalam tubuh, seperti jantung dan paru-paru. Juga, mampu memperkuat otot jantung dan memperlancar sirkulasi darah serta mengurangi kandungan lemak di dalamnya. Bersepeda akan sangat bermanfaat di usia tuamu nanti karena kamu akan terbebas dari resiko penyakit jantung.

3. Menurunkan resiko kanker

Apa yang kamu dapatkan setelah berolahraga? Yap, tubuh yang bugar. Olahraga bersepeda yang dibarengi dengan pola makan yang sehat akan mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Resiko kanker yang bisa kamu hindari dari olahraga bersepeda secara rutin adalah kanker paru, kanker kolorektal, kanker usus, hingga kanker payudara.

3. Menurunkan resiko diabetes

Resiko diabetes meningkat seiring dengan kurangnya aktivitas fisik yang anda lakukan. Sebagai salah satu aktivitas yang melibatkan fisik dan energi, bersepeda bisa menurunkan resiko diabetes. Cukup dengan bersepeda minimal 30 menit, risiko diabetes akan semakin kecil.

4. Meningkatkan koordinasi tubuh

Ada berapa bagian tubuh yang ikut bergerak ketika kamu bersepeda? Tidak hanya kedua kaki, namun juga kedua tangan, punggung, dan anggota tubuh lainnya memiliki peran masing-masing ketika kamu naik sepeda. Dengan begitu, terbukti bahwa bersepeda bisa meningkatkan koordinasi tubuh dengan baik.

Selain meningkatkan koordinasi, bersepeda juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan dan keseimbangan otot tubuh. Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa bersepeda adalah cara yang tepat untuk melatih pasien yang mengalami nyeri lutut. Juga, bagus untuk sarana latihan bagi para penderita osteoporosis.

5. Mengurangi stres

Olahraga dikenal sebagai penyembuh stres. Hal tersebut dikarenakan olahraga mampu menghasilkan hormon dopamin di dalam tubuh yang berguna untuk meningkatkan rasa bahagia sehingga anda terbebas dari stres.

Selain itu, bersepeda juga membuatmu bertemu dengan orang-orang baru jika kamu tergabung dalam sebuah komunitas. Kamu bisa saling bertukar cerita sehingga bisa mengurangi beban masalah.

Itulah enam manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bersepeda. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari aktivitas ini. Jadi tidak ada salahnya kalau kamu memutuskan bikin jersey sepeda untuk menunjang kenyamanan selama berolahraga sepeda. Jersey sepeda memiliki desain khusus dengan bahan kualitas terbaik agar tetap nyaman dipakai walaupun kamu berkeringat.

1 komentar: