Selasa, 26 Maret 2019

Hindari ini agar Tagihan Listrik tidak Besar

Hindari ini agar Tagihan Listrik tidak Besar

Manusia modern tak bisa hidup tanpa adanya listrik. Hampir seluruh alat penunjang keseharian kita membutuhkan listrik sebagai dayanya. Mulai dari handphone, laptop hingga rice cooker.

Begitu pentingnya kehadiran listrik membuat kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) seolah jadi mimpi buruk yang mau tak mau harus dilalui masyarakat. Mau bagaimana lagi, toh kita tetap membutuhkannya dalam keseharian.

Bisa dibilang Tarif Dasar Listrik tak pernah turun. Jika sudah begini, yang bisa kita lakukan adalah berhemat listrik. Nyatanya, bengkaknya tagihan listrik bukan hanya disebabkan oleh naiknya TDL, melainkan juga hal-hal pemborosan daya yang seringkali kita remehkan, tapi sangat berpengaruh terhadap tagihan listrik bulanan.

Nggak mau 'kan kepala pening saat cek tagihan listrik di PLN online? Yuk hindari pemborosan akan hal-hal remeh berikut ini:

Tidak mencabut colokan listrik saat tidak dipakai

Mematikan tombol power pada perangkat elektronik saja ternyata tidak lantas memutus aliran listrik lho. Colokan listrik yang masih tersambung pada stop kontak tetap mengonsumsi daya listrik. Meskipun kecil jumlahnya.

Sebaiknya, cabut semua colokan benda elektronik jika tidak digunakan. Atau terapkan sistem kontrol terpusat, jadi ketika keluar rumah, colokan terpusat itu bisa langsung dicabut dan menghentikan daya listrik pada beberapa perangkat elektronik sekaligus.

Menyalakan lampu di siang hari

Seringkali kita tidak menyadari lampu-lampu yang menyala saat sudah siang hari. Padahal hal ini bisa jadi sumber pemborosan besar lho. Sebaiknya matikan lampu segera setelah matahari terbit dan manfaatkan cahaya alami. Kamu juga bisa merenovasi rumah utnuk menambahkan ventilasi atau jendela agar cahaya matahari bisa masuk menerangi ruangan. Dengan cara ini, kamu tak perlu menyalakan lampu di siang hari.

Tidak menggunakan lampu LED

Tahukah kamu, lampu LED bisa menghemat daya listrik hingga 80%. Meskipun penghematannya besar, pancaran lampu LED tetap terang. Bisa jadi solusi pemilik rumah yang cenderung gelap nih.

Membiarkan rice cooker menyala seharian

Setelah memasak nasi, biasanya kita membiarkan rice cooker menyala seharian agar nasi tetap hangat saat sewaktu-waktu ingin makan. Namun ternyata kebiasaan ini memboroskan daya lho. Sebaiknya segera matikan rice cooker setelah nasi matang dan nyalakan lagi sesaat sebelum makan agar kembali hangat. Rice cooker yang dinyalakan begitu saja mengonsumsi sekitar 77 watt. Bayangkan jika kita membiarkannya selama sebulan?

Membiarkan televisi yang menonton kita

Harusnya televisi lah yang kita tonton, bukan sebaliknya. Namun seringkali kita membiarkan televisi menyala sia-sia, sementara kita sibuk melakukan hal lain. Hal ini tentu sangat merugikan kita.

Solusi lain yang bisa dicoba adalah dengan mengganti televisi model lama dengan televisi LED yang lebih hemat daya hingga 75 persen. Jangan bingung, di Tokopedia, kamu bisa mencari TV LED dengan range harga yang beragam serta berbagai perangkat elektronik yang menghemat daya dengan berbagai pilihan harga.

Mari mulai berbenah untuk hidup yang lebih baik. Dengan menghemat listrik, berarti kita menghemat pengeluaran dan menghemat sumber daya alam. Yuk #MulaiAjaDulu dari Tokopedia.

0 komentar:

Posting Komentar